Wednesday, September 06, 2006
Cheng Teng dan Soto Tangkar Betawi
ADA 3 POSTINGAN BARU HARI INI:

Karena si Presiden APES (Asosiasi Preman Enak Se-Indonesia) mau berlibur alias cuti, saya puas2in posting dulu sebelon dia berangkat, buat nambah jam insom dia malam ini dengan baca2 postingan.

Aslinya mau bikin cheng teng karena ngiler dengan foto cheng teng-nya si Yuliana yang dipajang di sini. Cari2 resepnya akhirnya ketemu:

Cheng Teng

Ingredients:
150g dried longans
150 g dried golden longans
1 tin gingko nuts
1 tin lotus seeds
1 pc Preserved persimmon
1 pc preserved mandarin orange peel
150 g dried red dates 5 pcs of Sterculia Seeds(soak till soft)
500 g White Rock Sugar
10 pcs Pandan leaves

Method:
1. Use a large pot and add 2 litres of water to boil.
2. Add pandan leaves, and rock sugar
3. Add all other ingredients to boil over medium heat for 20 mins.
4. Remove and discard pandan leaves.
5. Add more water if its too sweet or more sugar if its not sweet enough.
This can be as a hot sweet dessert or icy cold dessert.

Notes: About the Sterculia Seeds: In Mandarin its called "Pan Ta Hai" or in direct translation: word for word is "FAT BIG SEA". You can only get this from a Chinese Medicinal shop as it is a chinese drug and used in chinese medicine.

Cuman pas cari2 dried longan koq kecil sekaleee? Jadi ragu2 tar direbus bisa ga segede di gambar sini. Bikinnya nanti aja dulu ah.


Trus tadi sepulang kerja tiba2 niat bikin soto yang muncul dari kemaren malam semakin menguat, jadilah beli2 bumbu2 di Thai groceries sambil cium sana-sini buat mastiin bener ga bahannya ini itu. Trus Sempat juga nanya2 ke shop owner-nya kalo bener itu yang panjang2 lemon grass (sereh) bukan.
Abis ini pertama kali bikin pake bumbu asli, biasa juga pake bumbu2 instant getuh merek Bamboe, Indofood ataupun Munik. Setelah berbekal ingatan nama2 si bumbu2 dalam bahasa Inggris yang di tabelnya si Atli plus dorongan pengen nikmati Soto Tangkar resepnya si Ikaray di BZ!, jadilah saya beli semua bahan kecuali kayu manis. Saya ga suka kayu manis, entah kenapa bubuk2nya maupun batangnya selalu bikin nafsu ilank, jadi pakai semua bahan kecuali cinnamon. Sewaktu memasak, sebelon memasukkan santan (terakhir itu santannya), saya sempat icip2 dikit kuahnya, lha koq rasanya ajaib getuh. Jadi takut gagal neh, kan sayang tuh 500 g iga plus 500 g sandung lamur-nya tar. Eh ga taonya setelah dicampur santan, mateng dan dikasi kecap manis plus air jeruk jadinya enak sekali.



Tadaaa.. ini hasilnya soto pertamakuuuuhhh. Sebelonnya ga pernah bikin soto hihihi.. gantinya emping yah krupuk aci lah. Yummm...


AyoQ dong para preman pengurus APES, selagi presiden kita cuti, kita kembali jadi orang baek2, ibu2 dan bapak2 yang baek2 yang rajin masak. Kapan lageh ada kesempatan ginih? :D Posted by Picasa
 
posted by Lilia at 11:15 pm | Permalink |


4 Comments:


At Thursday, September 07, 2006 12:10:00 am, Blogger Amey

Li...kalo longan kering gitu di masak jadi melar kok ntar..soalnya airnya meesap..aduh gue dyan banget deh hehhehe trus itu soto bikin gua ngiler kekeke gue juga mo coba ah :D

 

At Thursday, September 07, 2006 1:21:00 am, Blogger Yenny Lesly

Hoiiiiiii, gw masih di sini dah melanggar peraturan. SP 1 buat Lilia. Dilarang jadi orang baek!!!!! Pritttttttt!!! :((

 

At Thursday, September 07, 2006 7:42:00 pm, Blogger fanvin

kalo aku li, masaknya yg gampang2 en simple :)..kalo masak macem soto, rawon, opor..agak ribet :), tapi gua termasuk prei racun koq

 

At Friday, September 08, 2006 7:36:00 pm, Anonymous ir

Jadi pengen bikin soto neh