Tuesday, August 08, 2006
Ballet World
Saya pernah posting soal ballet di blog yg lama. Bagi yang belum tahu, ballet adalah salah satu acara seni yang saya kagumi karena cerita2 dibalik tari2an dan drama yang digelar. Saya adalah pengagum cerita legenda ataupun cerita2 fiksi yang indah2. Semasa kecil ketika pertama kalinya membaca komik jepang bertema balet dengan nama tokoh utamanya 'Mary", saya langsung tertarik. Ketika keluar komik ballet dengan cerita yang lebih serius dan melibatkan tokoh2 yang namanya berbau Russia, saya langsung melambung. Ternyata dunia ballet itu jauh lebih indah ketika dibuku komik itu saya menemukan cerita2 ballet seperti Swan Lake, Giselle, Don Quixote dan lain2. Lebih cinta lagi ketika saya menemukan ternyata cerita2 legenda di ballet bisa mempunyai makna yang berbeda2 seperti Odille yang bisa diterjemahkan jadi lambang putih, suci dan pemaaf, serta cinta yang agung, indah dan penerima. Odette, si angsa hitam bisa digambarkan sebagai dunia hitam yang suka merampas, menipu dan menggoda si pangeran demi memenangkan pertarungan dengan si putih untuk merenggut kebahagiaan dan agar si putih terus hidup dalam kutukan Robart. Odette sendiri ternyata adalah putrinya Robart, si penyihir yang mengutuk Odille, si putri dan pengikut2nya menjadi angsa.
Ah ceritanya memang indah, coba lihat foto2 dibawah ini untuk melihat lekuk indah para penari ballet yang terkenal:



Ternyata membungkuk dan berdiri pun ada aturan dan angle-nya supaya tiap gerakan menjadi berarti dan menonjolkan sosok tubuh yang indah. Penari ballet diatas sedang dilatih dan dibetulkan potur tubuhnya.



Ini gambar penari ballet yang sedang menggambarkan angsa yang sedang merentangkan sayapnya keatas, coba lihat kedua tangannya, seakan2 lentur seperti sayap dan tegak dengan anggun. Lihat juga kakinya, susah loh membentuk kaki dan tangan seperti posisi diatas. Ada yang mau coba dan difoto? Tar kirim fotonya ke sayah dan saya lihat hasil upaya kalian2 membentuk posisi angsa diatas.



Ini gambar Maya Plisetskaya sedang menggambarkan angsa yang nyaris mati alias dying. Di saat akhir nanti sang angsa makin menunduk-nunduk sampai kepalanya terkulai lemas bersamaan dengan sayapnya yang semakin turun kebawah. Posisinya makin sulit nih, masih berani foto dengan gaya diatas ga? *nantang nih*


Ini adalah posisi sang angsa yang malu2 menutup kepalanya dari Maya Plisetkaya. Teknik dan fluidity tangannya mampu menggambarkan angsa yang anggun sekaligus indah.

Banyak tokoh2 ballet lain yang saya kagumi gerakan2nya seperti Margot Fonteyn dan Rudolf Nureyev.

Tapi toh yang saya pengen itu cuma liat preman2 nyobain pose diatas dan difoto jadi bisa nanti menandingi blog si valiant di: http://valiantbuddy.blogspot.com/2006/04/madonnas-pose-contest.html. Ayo para preman2 berani ga kalian berpose ballet dan difoto n dipajang di blog masing2? Posted by Picasa

 
posted by Lilia at 9:27 pm | Permalink |


2 Comments:


At Tuesday, August 08, 2006 11:42:00 pm, Blogger Yenny Lesly

kalo nonton ballet pasti gw bakalan ketiduran mati bosen. Wong skrg baca postingan elo ttg ballet aja gw dah hampir ketiduran kok...qiqiqi... tapi Li, kalo nanti gw punya anak ceweq, pasti gw bakalan paksa doi les ballet. Bagus tuh buat cewek. Kalo buat si Khun bagus gak yak? qiqiqi...

 

At Thursday, August 10, 2006 7:18:00 pm, Anonymous ir

wah walaupun gue gak ngerti2 amat soal balet tapi gue suka banget, and pengen anak gue bisa jadi penari ballet, thx banget postingan nya hehehe