Wednesday, August 23, 2006
Ten Years Ago
I was playing with blog quiz in here, about how much you have changed in 10 years.


Sepuluh tahun yang lalu gue masi di Indo, masi di Solo, masi satu atap sama ortu, masi maen sama-sama kakak dan adek, masi belum ada gambaran akan masa depan, malah ga kebayang kalo bakal ke Aussie dan stuck di Aussie sampai sekarang.


Sepuluh tahun yang lalu gue ga pernah bayangin akan tinggal di rumah yang lain, kota yang berbeda, dan propinsi yang berbeda serta malah negara yang berbeda.


Sepuluh tahun yang lalu bahasa percakapan sehari2 gue masi sebatas Indonesia, bahasa Inggris saya bagus in writing style, tapi english conversation gue sangat-sangat buruk. Spelling saja masi suka salah, kata2 kaya "since" gue baca ala Indonesia lengkap dengan huruf akhiran 'e'-nya sampai guru Inggris saya suka ketawa kalo test conversation tapi toh Inggris gue bagus sekali karena keahlian saya dalam mengarang, vocabulary, terjemahan dan dalam test Inggris di Ebtanas sekalipun. Guru Inggris saya suka bisikin semangat kaya, "Test berikutnya dapetin nilai 8 yah", atau setelah saya dapet 8, "Test berikutnya dapetin 9 yah", yang mana bikin saya nyaris gregetan karena engga ngerti conversation dan suka gagal di lab Inggris tapi toh si guru menaruh banyak harapan ke saya.


Sepuluh tahun yang lalu saya engga pernah melihat negara laen, engga pernah sungguh2 belajar culture lain, mata saya sebatas Indonesia sekitar Jawa, ke Bali sekalipun belum pernah sampai sekarang, cuma singgah di airport Bali saja :(


Kakak, adik, nyokap n bokap pernah ke Bali dalam waktu berbeda2, sedangkan saya belum pernah sekalipun. Gambaran pantai Kuta berpasir putih ga pernah saya lihat, gambaran Bali yang berbeda dengan Solo dan Jakarta ga sekalipun pernah saya lihat atau bayangin. Sampai2 kakak saya suka menggoda dengan kata2 Kuta, Jimbaran seafood, dsb sewaktu dia masi kerja di Bali.


Geografi saya jelek sekali, karena itu ketika mendengar kota2 Medan, Gorontalo, Palu, Pekan Baru, Palembang, dsb saya ngga tahu letaknya dimana dan di pulau mana sampai2 teman2 chat dan teman2 Indo saya di Aussie sini yang ngajari saya. Bahkan negara Vietnam letaknya dimanapun saya ngga tahu, sampai2 saya tanya ke teman Vietnam di kelas Inggris sini.


Sepuluh tahun yang lalu saya suka sekali membaca koran (tapi ga perhatiin gambar2 peta selain gambar orang atau kejadian), buku2 dan sebagainya sampai sekarang. Bedanya sekarang buku2nya semua buku bahasa Inggris.

Yang mau tahu hasil kuisnya sabar yah :D




Sepuluh tahun yang lalu saya adalah gadis yang pemalu, ga mau maju ke depan dan ambil alih leadership ataupun mengerjakan sesuatu sendirian di depan kelas. Dulu saya benci diperhatiin oleh guru sekalipun, disuru ngerjain soal di papan tulis, ataupun dipanggil. Saya suka kagok kalo diminta guru maju sekalipun cuma untuk mengambil hasil ulangan yang dibagikan satu persatu. Ada alasan kuat kenapa saya pemalu sekali waktu2 itu, alasan itu masi ada sekarang tapi sudah ngga bisa menghalangi saya ataupun menghambat confidence (rasa percaya diri) saya sekarang.


Teman2 saya jarang bisa maen ke rumah, kalopun maen ga asik karena ada bokap dan nyokap (rumah dan toko jadi satu), jadi selalu ada yang awasi.

Alhasil saya seringnya maen sama koko atau adek diluar jam pelajaran les-les yang rutin itu. Maenan saya kebanyakan buku2, computer games, nintendo, nonton video silat dan bikin rumah2an dari papan2 kayu lebar di gudang yang sering roboh kalo disenggol sedikit saat kami masuk rumah2an itu. Jauh berbeda dengan saya yang sekarang yang lepas total dari ortu, jalan2 kemana aja sampai larut malam sekalipun.. (ups!...) tapi saya tahu diri karena wejangan dari nyokap, "Percaya selama ngga disalah gunakan."


Alhasil ga pernah sekalipun saya mencoba2 berbuat nekat seperti dugem, ngerokok, mabok2 atau bergaul kelewatan ataupun jalan2 larut malam sendirian, saya selalu batasi diri saya sendiri karena saya tahu bahwa saya bertanggung jawab pada keluarga saya juga. Diri saya bukan hanya milik saya, tapi ada keluarga juga yang harus diperhatikan dan ikut kena imbas efek apapun yang ada pada saya. Sekarang rasa percaya diri saya semakin hari semakin meningkat, sampai saya suka kesal kalo ada orang bilang, "Takut", ataupun "Ngga mungkin bisa," padahal bisa kalo mau berusaha dan mencoba melangkah.

Sepuluh tahun yang lalu saya sukarela ngerjain apa saja dan saya selalu memaafkan kesalahan orang sampai-sampai teman2 saya suka kesal melihat saya dikerjain dan ga pernah marah-marah. Sekarang saya suka kesal kalo lihat orang seenaknya, kerja seenaknya dan ga mau melakukan suatu kerjaan dengan harapan ada orang lain yang bakal ngerjain. Sekarang kalau saya melihat kerjaan mereka belum beres, saya tutup mata dan berlalu, dengan harapan agar besoknya mereka kena tegur keras dan belajar mengerti bahwa kerjaan mereka ga bakal beres kalo ga dikerjain sendiri sampai selesai, kalau perlu saya memberitahukan ke supervisor atau manager saya yang sudah mengenal saya dengan baik agar menegur mereka.


Saya jadi membandingkan antara saya dan Jordy yang nyanyiin lagu Dur Dur D'être Un Bébé, karena teman blog saya sempat ngefans ama si bayi kecil imut itu long time ago. Saya jadi browsing cari2 foto Jordy yang dah gede, ALAMAK....ini hasilnya:




Kiri itu Jordy semasa bayi, selagi populer2nya dengan lagu Dur Dur D'être Un Bébé, kanan itu Jordy pas teenager.

(Besok2 saya pajang foto saya 10 years ago dan sekarang, sabar aja yah, internet saya kehabisan bandwith jadi rada lelet.)

Hasil browsing foto Jordy bikin saya menyesal karena teman chat saya sejak itu ga demen ama Jordy lagi, hihihihi... katanya sudah ga secakep pas kecilnya.

Ini dia hasil kuis yang saya kerjain:




You've Changed 76% in 10 Years



Compared to who you were ten years ago, you've changed a great deal.

In fact, you're probably in a completely different phase of your life - and very happy about it!

How Much Have You Changed in 10 Years?




Bagaimana kuisnya bisa bilang I'm happy for that? What do you think?

 
posted by Lilia at 10:06 pm | Permalink |


7 Comments:


At Thursday, August 24, 2006 1:13:00 am, Blogger Amey

mo 10 taon yg allu atopun sekarang tetap a ja lu keliatan kalem abis :)

 

At Thursday, August 24, 2006 10:51:00 am, Blogger Yossy and Ling

hihiihiihi... kalem:D
jadi malu neh kl ngomongin soal kalem:))

 

At Thursday, August 24, 2006 10:58:00 am, Blogger Yenny Lesly

10 taon yang lalu??? hueeeeeeeee, preman beneran aja kalah ama gw :))

 

At Friday, August 25, 2006 5:29:00 am, Anonymous Anonymous

Hi..Salam kenal ya..

Actually kita dah "kenal" lewat forum kesehatan BLOGFAM.

Apa kabar nih Li? Masih winter ya disana?

iya..ya..Jordy kok cakepan dan lebih cute pas kecilnya ;))

Masih jadi penyanyi ndak ya dia?

Bunda Shafiya

http://keluargazulkarnain.blogspot.com

 

At Sunday, August 27, 2006 12:05:00 am, Blogger Yenny Lesly

Li, aku mo isi SB mu kok gak bisa ya? :(( kemana aja dikau, Li? daku kehilangan nih... :((

 

At Thursday, August 31, 2006 5:05:00 pm, Blogger fanvin

Li..napa koq cuman 10 thn lalu ? mestinya ada 10 thn lalu, 15 thn lalu ..hehehe biar bisa dibukukan :)

 

At Thursday, July 12, 2007 10:00:00 pm, Blogger hermin

"Geografi saya jelek sekali, karena itu ketika mendengar kota2 Medan, Gorontalo, Palu, Pekan Baru, Palembang, dsb saya ngga tahu letaknya dimana"

halah, orang bule disini geografinya juga parah... mosok kota surabaya yg segede sydney aja gak tau... kota sekecil lismore (masi lebih kecil dr kartosuro) aja tau koq :P