Wednesday, September 13, 2006
Sam Bu Luong or Cheng Teng?
Niatnya pengen bikin Cheng Teng ala Yuliana, semula saya agak2 heran karena longan di foto si Yuli tuh mirip2 longan di es Sam Bu Long (atau Xam Pu Luong), a dessert ala Vietnamese yang biasa saya suka makan tapi ga tao cara bikinnya. Jadilah saya jalan2 ke supermarket Thai Kee di Market City selama beberapa hari ini sambil keliling2 gang2 supermarketnya.

Kalo dulu semasa student saya suka jalan2 di gang2 sambil liat2 makanan dan barang2 supermarket, itung2 sambil refreshing, sekarang saya sukanya kan masuk, beli yg dicari2 lalu keluar. Jadi ga pake acara liat2 getu. Pas saya liat2 itu koq berasa males banget pelototin, cari2 bahan2 keringan buat es-nya, tapi demi mencoba, akhirnya saya liat2 terus disana-sini dan sempat juga ke toko chinese groceries local mencari2 seaweed yang bentuknya garis2 getu. Akhirnya berhasil mengumpulkan bahan2nya dan hari ini dengan bangganya daku menyatakn berhasil membuat es Sam Bu Long, masaknya pun sedikit saja karena mau mencoba2 dulu.

Loh kan tadi maunya Cheng Teng?

Jawab: Engga jadi karena bahannya aneh2, ada 'Pan Tai Hai', orange peel (YUCK, kan asinan yg ga aku suka sama sekali), plus preserved persimmon dan ginkgo nut yang ga ketemu2 dimana2.

Ini dia foto2nya:

Ki-Ka: Gula batu china (pas dicoba rasanya ya manis doang koq), Lotus nut, dried seedless red dates (alias kurma kering tanpa biji). Biji kurma kalo dimasak katanya mengakibatkan kita berdahak nantinya, jadi aku beli yg seedles (tanpa biji).


Ini dia preserved persimmon yang saya beli karea iseng2 mau coba rasanya, abis persimmon yg mateng enak, kalo dried gimana yaQ? Apa sama enaknya dengan yang di cerita Kobo-chan? Kan itu buah persik kering kan?


Ini dia hasil jadinya, yang kanan itu dried longan yang dah dimasak. Jadinya memamng mengembang dan maniss, rasa smoky-nya berkurang banyak setelah dimasak. Trus yang kirinya itu seedless red dates. Kiri bawah sendiri itu gambar di cangkir kesayangan daku, kucing yang ber-sun glasses, kiyut kan? Ya kannn??



Terus balek ke Sam Bu Luong, ada beberapa bahan yang terlupakan, lupa dimasak, DOH!
Lupa masak seaweed yang dah dibeli di local shop, lupa motong2 sin cai alias agar2 hitam buat penambah isi. Tapi jadi tao kalo cara masaknya Sam Bu Luong kayanya dah mirip ama yg Vietnamese punya, bau harumnya daun pandan-nya bener2 pas. Posted by Picasa

Gimana nasib si preserved persimmon? Ku kasikan ke housemate aku yg orang chinese karena ternyata manis kulit luarnya tapi dalamnya asemmmmm bok, beda sama persimmon segar yg dah mateng, hiks... jangan pernah beli preserved persimmon deh.

 
posted by Lilia at 9:12 pm | Permalink |


3 Comments:


At Wednesday, September 13, 2006 11:07:00 pm, Blogger Yenny Lesly

Daku baru abis bobo ama chen teng di sing...heheh salah, yang benar daku abis maem cheng teng di sing...enakkkk banget :))

Terus skrg kalo kemana-mana liat green tea pasti langsung inget elo :))

 

At Thursday, September 14, 2006 12:34:00 am, Blogger Amey

Li..minuman gituan kan buat orang abis melahirkan? waktu gue abis melahirkan nyokap gue setiap hari masak ginian kasi gue minum hehhe

 

At Friday, September 15, 2006 1:20:00 pm, Anonymous Anonymous

cheng teng itu apa seh? *geleng2 bingung*