Sunday, June 11, 2006
Ebay Shopping

Pernah mencoba shopping online? I tried ebay.com months ago. Kan ceritanya lagi cari2 jam tangan yg talinya dari kulit karena saya ga suka yg logam. Pas nyari2 di toko koq rasanya biasa2, ga menarik, kebanyakan background-nya hitam, dan yang putih pun selalunya pakai logam. Jadi browsing di ebay dimulai sekitar akhir tahun lalu dan ketemu jam ini. Ketarik karena talinya kulit dan background-nya pink, warna yg agak jarang di aussie sini, kecuali kalo jam-nya SWATCH kali yg warna2 tapi kebanyakan tali swatch tuh dari plastik atau karet. Jadi mulai coba2 register di ebay, trus bid. Ga taonya harga yg awal2nya cuma 99 sen bisa melonjak tiba2 di hari ke-3 atau ke-5 (dipasang buat 7-8 days). Tapi saya ga mau ngotot nge-bid ampe tinggi2 karena pas liat2 ternyata seller-nya masi terus masang jam yang sama di beberapa tempat, jadi aman n masi bisa bid lain waktu. Tentu saja ga setiap minggu aku nge-bid, cuma sekali2 kalo ingat dan ternyata jam yg sama masi ditawarkan terus.


Lalu aku mulai curious n liat2 karakter si jam ini, katanya harga aslinya bisa ribuan dollar AU$, juga tokonya di London sana, dan trus ada berlian-nya (I hate diamond soalnya ga suka something yg sparkling2 getu, silau). Terus ternyata seller cabangnya yg di oz sini berani jual langsung dengan harga yg ga ampe seribu dollar, cuma sekitar sekian ratus. Jadi bingung aku, bid lagi ga yah mengingat dah 4 kali bid n ngalah terus itupun bid di terakhir2 supaya harganya ga terlalu naek. Soal diamond mah ga masalah, asli ato palsu ga apa2 yg penting aku suka warna jamnya dan tali kulitnya. Jadilah akhir bulan lalu aku coba2 bid n taro harga maximum bid dan ternyataaa... menang karena harga maximum itu harga terakhir bid hari itu. Harganya dapet harga yang jaoh-banget-lebih-murah dan off 65% dari harga yg ditawarkan seller-nya buat beli langsung tanpa bid. Trus browsing buat liat2 lage eh ga ada yg start mulai 99 sen lagi, yang ada harga sekian ratus yg beli langsung itu. Dipikir2 beruntung dapet harga murah n barangnya unik krn ga banyak dijual di toko2 sini plus kalopun beli jam semacam ini di toko pasti harganya jauh lebih mahal drpd harga seller.


Langkah selanjutnya adalah bisa ga aku percaya seller-nya, jangan2 dikasi yg dah cacat atau worse, ga dikirimi barangnya. Tapi aku coba bayar n tao2 2 hari kemudian dikirimi email yg menyatakan nomer paket aku dan website dimana aku bisa track barang aku dah sampai mana. Oke, tanggal 31 Mei ternyata sudah di post dan masuk bandara London. Tanggal 2 Juni dah nyampe Sydney trus diperiksa lama kali yah krn barang import. Tanggal 8 Juni barang dah nyampe dirumah dan sewaktu kuperiksa ternyata ga ada masalah, jam-nya ternyata lebih cute dan lebih besar dari imaginasi aku. Paketnya dibungkus carefully n ada lapisan gelembung2 pelindung kotak kayunya. Soal diamond? Ga tahu asli apa ga, ga penting buat aku krn yg aku butuhkan jam-nya n lagian ga sparkling2 amat tuh "diamond" dan kecillll banget. Lagian harga segitu ga bakal bisa beli diamond asli lah.


Kalo mau beli jam semacam ini di indo lewat ebay susah kali yah, karena ada bea cukai yg ribet dan kalo di pos-kan harus lewat yang registered n insured jadi ada ganti uang kalian balik kalo ga nyampe.


How was your internet shopping experience? Share dong kalo ada.

 
posted by Lilia at 6:09 pm | Permalink |


7 Comments:


At Sunday, June 11, 2006 8:38:00 pm, Blogger Yenny Lesly

Hoa Li, aku paling ngeri belanja internet. Gak pede aja ngasih no visa begitu aja. On Line bank transaction aja gak berani kok. Lagian keiknya buat aku, shopping itu harus pegang and ngeliat barangnya secara physical. Di situ justru kenikmatannya. Yang aman keik beli buku via OL, bayar pas delivery,aja aku males. Gak enjoy gitu gak ada proses physicalnya :D

BTW, itu jam Pink lage??? huehehehe... sama dong ama gw lagi demen ama warna Pink :p

 

At Sunday, June 11, 2006 8:45:00 pm, Blogger Amey

Di Indo kaga ada kayak begitu2an...sekali2nya gue shop online ketepu gue..untung cuman 5ban..coba kalo mahal..tekor deh gue..uda transfer duitnya...eh tunggu2 barangnya kaga di kirim2..g tanya orangnya katanya uda di kirim..kirim tapi kok gak nyampe...bete banget deh kapok gue..

 

At Sunday, June 11, 2006 11:31:00 pm, Blogger Jeng Ungu

congratz Li, dapetin good deal di ebay hehehe...

dulu2 rumetku pas di us pernah beli archie komik banyak banged di ebay, eits penjualnya juga baek n ramah banged, sampai di tambahin 10 komik gratis n mereka yg tetep in contact gitu thru email n kadang2 tlp buat nanya keadaan msing2...

online shopping memang bahaya tapi banyak juga yg dapet pleasant experience =)

 

At Monday, June 12, 2006 2:20:00 pm, Blogger Credo

Wah, ga pernah beli2 online gitu.. :D Agak2 ragu jg sih klo mau coba2. Emang lebih asyik beli barang yg bisa diliat langsung :D Ga tau deh, apa krn blom pernah nyobain.

 

At Thursday, June 15, 2006 2:37:00 pm, Anonymous Anonymous

iya bagus tuh jam nya... hehe.. model & warna nya itu keren hehehe..

 

At Sunday, June 18, 2006 4:10:00 pm, Blogger cika

gue sih belom pernah beli2 barang di ebay. paling transaksi beli2 air tiket online gitu sih. lucu aje ke airport ngga pegang tiket, cuma ngasih tao kode konfirmasi geto :D

 

At Wednesday, June 21, 2006 8:36:00 pm, Anonymous Anonymous

bid ebay, detik2 terakhir. kalo awal2 percuma jangan pernah jadi pertama yg ngebid. detik2 terakhir lebih nentuin. tergantung speed inet elo.

ati2 kecanduan lo kalo kebanyakan maen ebay...