Wednesday, August 15, 2007
Banana Almond Cake
Biasanya aku benci sama bau almond essence dan ga terlalu suka almond flavour. Tapi sabtu yang lalu (11 August), ada acara kumpul-kumpul di rumah Ci Yani dan Ko Chris buat belajar masak dengan Joseph. Joseph ini orang Indo yang diangkat anak sama orang bule Aussie. Si Joseph ini pinter masak dan beberapa kali kerja di cafe-cafe dan beberapa restoran terkenal di Aussie sini. Salah satu tempat yang dia pernah bekerja adalah bills (baca entry tanggal 30 July). Sabtu lalu, di rumah Ci Yani dan Ko Chris, dia demonstrasikan acara masak dengan bahan utama almond meal. Tadinya aku ga menyangka dia bakal pakai almond, mendengar almond saja sudah bikin aku meringis membayangkan aroma-yang-sangat-tidak-kusukai. Ternyata almond meal itu adalah almond yang digiling halus setelah minyaknya diambil (di extract) dan almond meal itu menambah rasa nutty (kacang2) pada cake yang di panggang pake bahan almond meal. Kalo di Indo barangkali ada tepung almond? Warna almond meal itu agak coklat pucat, karena tepungnya dah di bleached (diputihkan). Ternyata pula, almond meal tidak berbau seperti almond essence, rasa kue jadinya lebih enak, ringan dan crispy bagian luarnya.

Hasil masakannya? Ini dia:


Resepnya:

3 cup tepung terigu
200 gr mentega
200 gr almond meal/ almond ground
3 butir telur (dipakai kuning dan putihnya sekaligus)
1 cup brown sugar, diencerkan dengan air sedikitt saja diatas kompor, dalam panci kecil anti lengket
3 buah pisang, dipotong setengah memanjang

Buah pisang yang sudah dipotong memanjang itu diatur melingkar dalam loyang (lebih baik loyang yang bisa dicopot dari samping dan bawahnya bisa dicopot).
Brown sugar diencerkan tapi sebisa mungkin kental sekali, jangan lupa diaduk-aduk agar merata encernya.
Setelah brown sugar meleleh, tuangkan diatas loyang yang sudah ada pisangnya.
Mentega dan telur dikocok mixer dalam mangkuk, masukkan almond meal sambil terus dikocok pakai mixer, tuangkan tepung terigu sambil diaduk-aduk.
Masukkan adonan diatas brown sugar dan pisang dengan hati-hati agar tidak mengaduk-aduk brown sugar yang di lapisan bawah.
Panggang sampai matang dengan suhu kira-kira 175-200 C.
Setelah matang, dinginkan sebentar lalu balik kue-nya.
Jadinya seperti foto di atas, yang telah mencoba resep ini ditunggu komennya yak.

Oh iya, si Joseph ternyata kalo masak ga pakai takaran, dia cukup potong2 dan pakai cup dan dikira-kira adonan sudah cukup kental belon. Ga heran, dalam waktu singkat dia sudah siap memanggang kue-nya. Katanya, di Aussie sini kalau makan waktu lama dalam hal memasak, bisa diketawain sama teman sekerjanya. Yang penting tuh ternyata ga boleh lebih dari 15 menit buat preparation sampai selesai (not including baking loh). Cara menakar mentega juga dia kira-kira dengan membeli mentega blok 250 gram, dipotong kira-kira 3/4 dan dipakai 3/4 itu, itu kira2 antara 180 - 200 gram lah. Dan dia juga ada bilang kalo bahannya banyakan dikit mah ga ngaruh, yang penting kamu tahu seberapa kental adonan yang kamu inginkan. Kalo encer yang tambahkan tepung, kalo kental yang tambahan telur+mentega lagi.

Sabtu depan, tanggal 25 August, si Joseph mau ngajarin masak Coconut Bread yang merupakan salah satu signature dish di bills, sayangnya aku kerja hari itu, jadi engga bisa datang.
 
posted by Lilia at 10:03 pm | Permalink |


2 Comments:


At Friday, August 17, 2007 8:31:00 pm, Blogger Linx

keliatannya menarik banged yah li bentuknya. sayang deh kamu ga bisa dateng blajar bikin yg ini.

 

At Wednesday, August 22, 2007 8:59:00 pm, Blogger Zsa Zsa

kalo ada acara makan2 begini mbok ya telpon aku ... :)